WHMCS harus kah ?

Artikel kali ini membahas tentang sebuah script billing yang biasa digunakan oleh para provider web hosting dan domain baik di Indonesia maupun di luar negeri.

 

WHMCS adalah sebuah script berbentuk Billing Management yang berfungsi sebagai penyimpan dara klien dan sebagai Auto Pilot Management yang bisa di integrasikan ke WHM ( Web Host Manager ) dari sebuah server root maupun reseller. Kalo dari sisi harga resminya, lisensi WHMCS ini berkisar $14.99, tinggal di kurs kan aja pake rupiah deh. Jangan lupa $14.99 itu per bulan ya… bukan per tahun he he he.

Sebagian orang menganggap harga segitu mahal, ada sebagian orang yg lain menganggap hal itu harga wajar dari sebuah kualitas provider itu sendiri.

Pertanyaannya adalah : Apakah harus kita menggunakan WHMCS ?

Bila anda adalah reseller hosting dan memiliki modal yang mencukupi tidak ada salahnya anda memperhitungkan untuk membeli WHMCS ini , krn WHMCS memiliki navigasi yang sangat mudah dan compatible dengan segala jenis modul perhostingan 🙂

Namun bila anda memiliki dana pas pas an juga tidak salah bila tidak menggunakan WHMCS, anda bisa menggunakan script yang lain terlebih dahulu dan bila sudah berkembang bisa menggunakan WHMCS.

Contoh alternatif script billing yang free adalah :

– Account Lab Plus ( Update : sudah tidak di kembangkan )

BoxBilling

The Hosting Tools

So bukanlah suatu keharusan menggunakan WHMCS, justru ada beberapa klien saya hanya pake MS excel , krn merasa offline billing lbh aman 🙂 semua back to anda sendiri …

Comment

Leave a Reply