Trip to Pantai Lovina Bali

Sesuai janji saya di posting sebelumnya tips-ke-bali-nyetir mobil sendiri, saya kali ini akan menyampaikan informasi perjalanan dari Surabaya menuju Pantai Lovina Bali agar dapat menjadi referensi bagi anda yang ingin mengunjungi pantai Lovina di masa liburan.

Perjalanan dari Surabaya saya berangkat jam 3 Sore tanggal 30 Mei 2015, berangkat sekeluarga menuju ke Pintu Tol Dupak, namun amit2, perjalanan dari rumah ke pintu tol ini luar biasa macet, memakan waktu sampai 1 Jam karena pas kebetulan hari sabtu jadi rame orang pada keluar kota.

Saya cukup mengisi pertamax 92 untuk mobil saya Rp. 200.000, untuk mobil yang saya pake Suzuki Wagon R , karena irit banget ya cukup deh he he he , nggak promosi lho…nggak dapat apa2 juga 🙂

Dalam perjalanan ke Bali, saya hanya stop 1x di SPBU / Rest Area Paiton Probolinggi, karena tempat ini tergolong tempat yang nyaman untuk beristirahat. Selain hanya istirahat, di tempat ini banyak toiletnya jadi enak deh nggak usah antri. Kami makan dan meluruskan kaki, yah kira2 35 menitan kami meneruskan perjalanan menuju ke Pelabuhan Ketapang Banyuwangi untuk menyebrang menggunakan kapal Feri.

Dalam 1 Mobil ada 2 dewasa dan 2 anak, sampai gate di kenakan biaya Rp. 165.000, dan akhirnya langsung masuk karena memang tidak ada antrian, dan momennya pas sih saya milihnya, krn abis UAS anak-anak , lgs berlibur… kalo nunggu bener2 liburan, bisa berabe deh, antri bisa sangat lama, so pintar2 lah mengambil moment liburan supaya tidak terjebak kepadatan arus liburan sekolah.

Ok menyebrang cukup cepat sebenarnya sampai di Pelabuhan Banyuwangi Jam 00.00 WIB ( di bali jam 01.00 pagi), karena cuaca juga sangat mendukung, turun dari kapal kami langsung menuju ke Pantai Lovina dengan Peta sbb :

pantailovina

Perjalanan dari Gilimanuk ke Pantai Lovina menghabiskan waktu antara 1,5 Jam sampai 2,5 Jam, ini relatif tergantung kecepatan mobil anda ya. Seru nya nih.. ketika nyetir dari Gilimanuk ke Pantai Lovina, jalan ini benar2 sepi dan gelap sampai 1 Jam perjalanan tidak ada rumah penduduk :), sempet ngeri juga tapi positif thinking bahwa di bali semuanya aman. Kurang lebih 1 jam perjalanan kami baru menemukan rumah penduduk. Karena kami takut datang terlalu cepat, akhirnya nyetir santai saja , supaya sampai di lokasi tidak terlalu cepat.

Jam 4 kurang akhirnya sampai di Pantai Lovina, kami berhenti sekedar beli minuman di Indomaret Lovina 2 , sebelum pintu masuk Pantai Lovina, ternyata menjelang pagi jam 4.30 sampai jam 6, banyak Jukung ( nelayan ) naik motor untuk menawari mobil2 yang berhenti untuk sewa perahu melihat lumba-lumba. Jangan kuatir jukung di sini orang nya ramah2, kalo nawarin benar2 pake etika, nawarin pake perahu, kalo anda tidak mau ya mereka nggak akan kejar2 anda lho 🙂 jadi aman2 dan nyaman saja.

Nah Berapa Sih Harga Tiket Masuk Lovina ?

Berapa sih harga sewa perahu di pantai Lovina ?

Untuk masuk ke lokasi wisata Pantai Lovina anda tidak di kenakan biaya tiket masuk, anda cukup masuk saja dan parkir kendaraan disana, oh ya parkir saja pun saya tidak di pungut biaya lho. Biaya sewa perahu di Pantai Lovina mereka kompak Rp. 100.000 / orang, krn saya bawa 2 anak, cuma di hitung 1 orang. Jadi total Rp. 300 rb saja Nggak usah nawar, karena sudah standart disana.

System kerja mereka bagus, tidak perlu kuatir makelar2 sewa perahu, anda pesan di orang tersebut kadang langsung di layani jukung tersebut atau di oper ke teman2nya tanpa biaya tambahan lagi.

Menjelang jam 5.35, kami mulai naik perahu, wow perahu menuju ke tengah laut, namun karena tidak ada ombak, jadi anda tidak perlu takut ya, 1 perahu maximal 5 orang saja nggak bisa lebih.

SAM_0053SAM_0055 SAM_0056atraksi-lumba-lumba-pantai-lovina

Lumba2 keluar pada saat matahari terbit dan benar2 alami, senang rasanya bisa melihat langsung lumba-lumba secara alamiah di Bali 🙂