Tips Ke Bali Nyetir Mobil Sendiri

bali

Kebetulan banget nih pengen nulis blog karena udah lama nggak ngisi blog pribadi in lagi… dan anda beruntung ini yang ke sekian kali saya pergi ke Bali dengan nyetir sendiri pake Karimun Wagon R, saya mau bagi2 tips ke bali nyetir sendiri  nih terutama anda yang berpergian dengan keluarga dan anak-anak.

1.  Cek Kendaraaan Anda Tune UP dan Understell 

Karena mobil saya masih dalam masa garansi dan free service saya biasakan dengan melakukan service tuneup meliputi membersihkan Injection dengan Cleaner, ganti busi, ganti oli mesin dan ganti oli transmisi. Biasakan service mobil ini anda lakukan 2 minggu sebelumnya ya, mengapa ? krn tidak selalu mobil hasil service tune up itu enak sesuai keinginan anda, saya mengalaminya, dimana kadang service di bengkel resmi tidak selalu cocok dengan selera menyetir kita, harus 2 minggu krn, kita bisa mencoba 1 minggu dulu, kalo kurang nyaman, tinggal balik lg ke bengkel tersebut atau tune up ke bengkel lain sesuai keinginan kita. Saya pribadi sering mengalami dimana service di bengkel resmi, RPM selalu terlalu rendah, sehingga mesin mobil sering mati sendiri dan lepas kopling dikit mesin mati.

2. Pesan Hotel Jauh hari

Triknya nih sebelum perjalanan jauh , semakin lama waktunya anda berangkat otomatis harga hotel akan semakin murah, semakin mepet waktu anda, otomatis harga hotel akan naik. Itu tips dan trik dari saya, jadi kalo anda ingin pesan hotel, pesanlah jauh hari sebelumnya, karena promo harganya miring-miring lho, dan sebisa mungkin kalo bisa pilih room yang bisa di cancel, memang lebih mahal dikit, tapi lebih safe, kalo ada halangan anda bisa refund.

3. Asuransi perjalanan & kesehatan

Tidak ada yang ingin sakit dan kecelakaan kan , saya setuju dan anda pasti setuju !! Namun hal ini penting ketika anda akan melakukan perjalanan jauh ke Bali misalnya, belilah asuransi perjalanan, provider asuransi anda yang menyediakan asuransi perjalanan domestik yang murah, misal saat ini saya ikut sekeluarga 4 org hanya 160ribu saja untuk 5 hari. Dan cek polis2 asuransi kesehatan anda, jangan lupa bawa kartu cashless nya bersama dengan anda sehingga bila mendadak sakit, anda tidak perlu pusing tujuh keliling karena semuanya di cover + mengalihkan resiko dari hal-hal yang tidak di inginkan selama perjalanan.

4. Jaga Kesehatan dengan Supplemen 

Merencanakan liburan jauh hari memang lebih baik dari pada dadakan, namun untuk anda yang berpergian dengan anak-anak, ingat mereka rentan sakit, tentunya anda tidak mau kan acara pas hari H batal karena anak sakit dan harus beristirahat di rumah. Selama 2 minggu jangan lupa anda dan keluarga konsumsilah supplemen misal vitamin C atau sejenisnya untuk menjaga kesehatan, sehingga pada saat anda berangkat anda tidak terkendala karena sakit.

5. Siapkan Dokumen Legal & Kendaraan 

Hal ini penting ketika anda dalam perjalanan, contohnya saya dari Surabaya ke Bali, tentunya dalam perjalanan kadang di periksa petugas di jalanan, dan jangan lupa di penyebrangan Ketapang Banyuwangi surat kendaraan dan SIM akan di periksa oleh kepolisian setempat, dan ketika sampai di Gilimanuk bali , anda biasanya akan di periksa 2x, yaitu pemeriksaan surat kendaraan dan KTP anda. So sebelum berangkan pastikan surat2 legal anda lengkap.

6. Mengemudilah dengan Santai & Tidak Emosi

Ini penting buat anda ketika hendak melakukan perjalanan jauh dengan mobil sendiri, usahakan anda berangkat dari rumah dalam keadaan santai, sehat, fokus dan tidak dalam keadaan emosi, krn emosi akan mempengaruhi gaya anda menyetir.

Demikian sedikit tips dari saya sebelum anda berlibur menggunakan mobil sendiri. Setelah di bali saya akan update info2 terbarunya ya.

Comment