Setting Anti Spam Server Cpanel/WHM

Sebuah server yang menggunakan WHM/Cpanel dengan settingan dasar saja tidaklah cukup, anda dan customer dalam server tersebut akan sering di attack yang namanya Spam Email dari pengirim yang tidak jelas mulai dari : penjual viagra, perjudian dan link2 phising tidak jelas.

Dengan settingan dasar tersebut artinya server anda tidak memiliki filter anti spam yang baik, untuk itulah artikel ini di buat untuk membantu anda dalam memanage server supaya tidak sering terkena spam.

Dasarnya sebuah server dengan posisi terinstal cpanel/whm telah memiliki fitur anti spam yang di namakan Spam Assassin, fitur ini menurut saya dulu memang efektif, namun dengan semakin pintar nya cara2 nyepam, membuat fitur ini menjadi tidak berguna , fitur SPAM ASSASSIN ini juga memakan memory Ram server. Bagaimana pendapat anda bila sebuah fitur menggunakan Ram berlebih namun tidak membantu anda ? Tentu saja dalam pikiran anda adalah ” ya buang saja dari pada tidak berguna ! “

Ok berarti kita sejalan sepikiran 🙂 benar kita buang saja, dan menggantinya dengan yang lebih efektif. Bagaimana caranya ? yuk ikutin step sbb :

1. Matikan fitur Spam Assassin dari menu :

Tweak Setting – Sub Menu : MAIL – Enable SpamAssassin spam filter = off

Contoh gambar :

spamassasin1

2. Setelah melakukan cara di atas , anda di haruskan mematikan spamassasin daemon dari service manager ya.

cari Menu Service Manager dari Sidebar kiri WHM root anda dan klik, temukan daemon nya :

spamdaemon

–> hilangkan centangnya , kemudian klik SAVE.

3. Mematikan fitur spamassassin sudah beres ya, skrg kita ganti Spam Assasin dengan RBL System yang lbh bagus untuk filter email. Cek lagi ke Sidebar kiri WHM root anda dan cari : EXIM CONFIGURATION MANAGER, klik

cari sub menu : RBLs

rbl1

klik ON ke 2 nya .

Itu default nya cuma 2 ya, kalo settingan saya , saya nambah lagi 1 dari Barracuda. caranya :

Klik MANAGE

Pada Kotak Add New RBL isikan settingan sbb :

RBL Name : Barracuda

RBL Info URL : http:// barracudacentral.org/rbl

DNS List : b.barracudacentral.org

Setelah ok semua, klik ADD.

Ok setelah itu kembali ke RBLs tadi dan ON kan 3 RBL tersebut.

4. cara yang ke empat ….. ah ga ada cara ke empat ….. 🙂 sudah beres itu settingannya.. server anda sudah memiliki fitur antispam yg irit RAM namun bekerja sangat efektif dan selama ini sudah saya gunakan berfungsi luar biasa.

Comment