Rekomendasi Ganti Ban Karimun Wagon R

Saya adalah penggemar produk mobil suzuki , kebetulan yg saya beli adalah Karimun Wagon R GX Graphite Grey yang saya beli tahun 2014 lalu karena bentuknya yang city car memikat hati saya mudah bermanuver di jalan kecil dan mudah parkir di mana saja he he he .

 

Secara standart keluaran pabrik ban Karimun Wagon GX ini mengadopsi ban dengan ukuran 145/80 R13 GT Radial , ban tergolong sangat kecil , namun ban dengan size ini memang di rancang untuk city car dan di percaya membuat tarikan mobil menjadi lebih ringan dan hemat bbm.

Dengan tapak ban ukuran 145 /80 ini bila cuma anda pakai dalam kota saja atau jalan yang selalu halus saya rasa tidak kenapa2 karena namanya juga city car, hanya untuk pemakaian di dalam kota.

Beda dengan saya city car selalu saya bawa keluar kota dengan kontur jalan yang bervariasi mulai dari halus sampai lubang-lubang dan sering pada kecepatan tinggi pula. Alhasil ban bawaan suzuki karimun wagon r ini , sering benjol di sisi samping, dan juga sering bocor, heran sih bocor nya ada yg di tengah dan banyak juga di samping.

Bila ban bocor di tengah ok ok saja di tambal langsung beres dan mampet jarang untuk bocor kembali di tempat yang sama, masalah adalah bila bocor di sisi samping ini yang jadi masalah, krn di tambal pun tidak akan bertahan lama akan bocor kembali.

saya akhirnya coba tanya-tanya ke orang yang biasa di bengkel ban , dan juga di google penyebabnya adalah :

  1. Ban kecil dengan tapak kecil , sangat rawan bocor dan benjol bahkan rusak ketika sering di bawa keluar kota dan di jalan jelek.
  2. Ban kurang angin, sehingga permukaan terlalu mudah terkoyak ketika melewati jalan extreem.

Solusinya mereka menyarankan 2 hal :

  1. Ganti Velg Ring 14
  2. atau Ganti Ban dengan tapak lebih lebar .

Opsi pertama ini berat di ongkos , krn selain beli velg, otomatis anda juga beli ban lebih besar yang pasti juga lebih mahal dari pada ring 13.

Akhirnya saya ganti ban mobil karimun wagon r gx saya dengan tapak lebih lebar, yaitu ukuran : 165/65 R13, merk ban dengan ukuran ban ini banyak ya kawan… namun saya jatuh hati dengan merk Hankook per bijinya waktu saya nulis postingan ini adalah Rp. 325rb yah, ketika anda baca postingan ini harga mungkin berbeda.

Review saya setelah pake ban Hankook 165/65 R13 EX ini , nyaman empuk dan enak ketika bermanuver belok-belok karena tapaknya lebih lebar menjadi 165.

Kesimpulan buat anda yg pake Karimun Wagon R GX, solusi paling murah meriah untuk ban anda adalah ganti tapak lebih lebar seperti yang saya sebutkan diatas.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*