Perpanjangan STNK 5 Tahunan Samsat Kedung Cowek Surabaya

Pas enak2 santai sewaktu ngopi jadi rada kaget ketika melihat motor yang cuma saya pakai di rumah buat antar sekolah di depan teras, lihat plat nomornya 12.17 … astaga ternyata waktunya renew 5 tahunan. Semua orang juga tahu perpanjangan pajak STNK 5 Tahunan lebih ribet dari pada perpanjangan 1 tahunan lho.

Cuma memang sejak jaman presidennya Jokowi saya selalu suka ngurus sendiri hal-hal seperti STNK, SIM dsb . Saya merasa saat ini pelayanan publik sudah mulai berbenah, iya berbenah meskipun masih saja ada oknum2 tidak bertanggung jawab. Saya tetap acungi jempol meskipun tidak semua layanan publik pemerintah bagus.

 

Ok saya Tgl 18 Desember 2017 berangkat dari rumah jam 7.30 pagi , inget ya kendaraannya di bawah lho .. karena itu syarat mutlak.

Dokumen yang harus di bawa :

  • BPKB Asli
  • KTP Asli sesuai dengan nama di STNK
  • STNK Asli
  • Bawa Kendaraanyaya gaesss 🙂
  • Bawa dana 2x lipat ya , krn biaya 5 tahunan lebih mahal krn biaya ini itunya.

Sampai Samsat Kedung Cowek ( Samsat Surabaya Utara ), saya sampai jam 8 lebih dikit, dan hari itu adalah hari senin pemirsa wkwkw, tau sendiri hari senin bagaimana kalo di kantor layanan publik kan , saya pun tetap positif dan mengambil nafas dalam2 , sambil berbicara dalam hati tetap sabar dan semangat!!!

Ketika anda masuk ke Samsat Kedung Cowek Surabaya ini , kalo anda akan melakukan perpanjangan STNK 5 Tahunan anda harus CEK FISIK , anda tidak perlu parkir dulu ya ….. ( ingat tidak parkir dulu ), anda langsung saja menuju ke bagian belakang, ada tulisannya gede CEK FISIK, masukkan saja kedalam, di situ ada loket pengambilan formulir. Tunjukkan BPKB+KTP+STNK nya, di kenakan biaya Rp. 20.000,-

Tempat Cek Fisik

Nah untuk mudahnya , fotokopi dulu ya 1 fotokopi per dokumen. Fotokopi ada di sebrang loket pengambilan formulir ya . Tinggal bilang saja fotokopi pajak 5 tahunan, mereka sudah paham baru deh balik ke cek fisik, ini saran saya dari pada anda cek fisik dulu karena ntar anda repot steplesin dan susun kertas di map. Lebih baik persiapkan fotokopi sebelum di gesek , jadi nanti petugas cek fisik nya bantuin kita susun di map dan steples tinggal beres.

Tempat Fotokopi

Disana saya lihat ada 3 petugas bagian gesek nomor rangka+ nomor mesin , anda tidak perlu nguber petugasnya , parkir di dalam yang rapi saja, + map formulir itu anda taruh di atas jok dan anda tungguin , nanti tiba giliran anda akan di gesek. Untuk gesek memang gratis … tidak ada biaya , namun karena hati saya lagi baik ciee….. saya kasi tips 10.000 ke petugas yg jongkok2 he he he.

Setelah selesai di gesek,  petugas bantuin anda menyusun dokumen dan bukti cek fisik, dan kembalikan ke loket pengumpulan map cek fisik dan silahkan anda tunggu kurang lebih 7 menitan ada panggilan. Bila anda sudah mendapat panggilan , dokumen anda di kembalikan.

OK paham kan sampai sini … ?

Berkas cek fisik sudah di tangan … segera ke gedung depan ya gaess… bawa map anda ke bagian informasi dulu tanyakan apa yang harus di isi, biasanya mereka lgs berikan coretan form yang harus di isi, sudah di sediakan pulpen kok .. jadi anda tidak perlu repot cari pulpen.

Bila sudah step nya :

Step 1 : ke loket 1  , disana ada tulisannya : Pajak 5 tahun, disini biasanya memang antri , map anda serahkan , setelah di cek semuanya, BPKB + KTP Asli akan di kembalikan ke anda. Simpan saja itu sudah tidak di butuhkan lagi, dan akan di berikan kertas antrian di kasir, loket kasir adalah nomor 3,4 dan 5. Nunggu panggilan dan bisa di bayar langsung di kasir.

Pendaftaran Berkas

Step2 : bila sudah di panggil , dan sudah melakukan pembayaran, anda akan di berikan bukti pembayaran pajak + map yang tadi anda berikan. Kemudian anda bawa map dan bukti pajak tadi ke Loket No. 2. Silahkan duduk manis nanti akan di panggil.

Kasir

Step 3 : Akan ada panggilan untuk penyerahan STNK Baru 5 tahunan, ingat ya anda jangan pulang dulu setelah menerima ini, anda duduk lagi dan nunggu panggilan ulang untuk Plat Nomor nya ya pemirsa :)… baru deh setelah itu anda bisa pulang.

Loket 2 Pengambilan STNK + Plat Nomor Kendaraan

Bagaimana gampang kan ? yuk urus sendiri STNK 5 tahunan mu, dan selalu kunjungi blog.jaapns.com

Comment

Leave a Reply