Memilih Provider Hosting Terbaik Bagaimana?

choose-for-web

Dalam menentukan provider web hosting yang kita percayai, banyak hal yang menjadi tolok ukur bagaimana kita menilai sebuah provider hosting itu layak atau tidak disebut provider hosting terpercaya.

Tolok Ukur yang ada saat ini adalah :

– Customer Support responsive

– Mudah untuk di hubungi

– Server Stabil

– Staff CS yang ramah

– dsb

nah hal di atas yang saya coba sebutkan di atas itu adalah hal-hal yang bersifat subjective, maksud saya adalah , bila saat ini anda merasa provider hosting anda memiliki hal-hal di atas, bisa saja dalam waktu dekat pendapat anda berbeda. Mengapa saya katakan demikian ?

Alasannya :

Fakta : Provider yang baru buka pun akan memberikan layanan dengan tolok ukur di atas dengan memberikan service sebaik2nya walaupun rugi. Bila setelah dia memberikan pelayanan serba super di atas, dan provider hosting tidak merasa untung, akan menyebabkan perusahaannya tutup, krn merasa bisnis tidak berjalan dengan baik meskipun layanan support super di berikan. Nah pada saat itu lah biasanya provider hosting yang anda agung-agungkan menjadi berbeda.

Nah hal ini sering terjadi di dunia internet, banyak sekali membuka jasa hosting dengan harga yang super murah dan service paling top, akhirnya tidak beberapa lama usahanya tutup, hal ini bukan asumsi saya, krn saya ada di bidang ini dan menekuni bidang ini sehingga saya tau provider mana saja yang memiliki kriteria seperti di atas. Namun, kita memang tidak bisa mengambil kesimpulan bahwa provider hosting yang baru berumur jagung jelek lho……  ada juga yang bagus dan bertahan sampai saat ini.

Dari penjelasan saya di atas maka dapat di simpulkan, bila tolok ukur provider hosting yang bagus adalah :

– Customer Support responsive

– Mudah untuk di hubungi 

– Server Stabil 

– Staff CS yang ramah 

– dsb 

Hal di atas itu tidak cukup lho. Trus bagaimana cara kita mengukur sebuah provider hosting itu profesional dan layak untuk anda percaya ?

Lakukan hal ini :

Buka :

http://whois.domaintools.com/domainprovideranda

saya buat contoh saja ya :

http://whois.domaintools.com/atriumhosting.com

atriumwhois

Cek pada bagian “CREATED” akan muncul tahun domain itu di daftarkan. Bila muncul 2009 artinya domain tersebut sudah ada sejak 2009, otomatis usahanya biasanya juga di mulai pada tahun itu.

Apakah cukup sampai situ aja ??

Jawab :

Nggak dong…. masa cuma lihat umur domain, namun hal di atas sudah memberikan gambaran bahwa umur sebuah domain juga bisa menentukkan profesionalitas sebuah provider hosting. Dari contoh di atas, artinya atriumhosting ada sejak 2009 ( 2008 sudah buka namun dengan domain lain ).

Kalo sejak 2008 artinya sudah lama dong kalo di tarik ke tahun sekarang di saat anda baca artikel ini.

Cara lainnya adalah mencari di google, saya informasikan sesuatu ya :

Sebuah usaha online yang memiliki customer secara online juga itu erat kaitannya dengan Mesin Pencari, semakin sebuah provider hosting itu mengecewakan customernya, akan di rekam oleh Google, tahun berapapun susah hilang dari index google lho… jadi kalo provider hosting anda pernah melakukan hal hal yang mengecewakan tanpa solusi, anda harus hindari.

Jadi, carilah di google , buka www.google.com

masukkan kata kunci sbb :

Review…. ( isi nama provider hosting anda )

anda akan menjumpai banyak hal hal yang berhubungan dengan provider hosting tersebut, yang baik maupun yang buruk.

Atau

Kecewa …. ( isi nama provider hosting anda )

Anda pasti akan tersenyum-senyum….  🙂 karena sudah tau caranya , so silahkan cari provider hosting anda ya .

Comment