Membantu 100% malah di caci maki customer

Kejadian ini sudah memang sudah lama sekali, namun lupa untuk membuat artikel di blog saya ini, dengan harapan artikel ini bisa membuka mata hati customer yang belum mengetahui struktur dan seluk beluk bisnis web hosting  dan domain.

Dalam hal ini saya adalah pemilik server utama ( root ) bukan reseller, sehingga dengan brand AtriumHosting.Com merupakan provider utama penyedia layanan web hosting.

Sebagai pemilik server utama, tentunya banyak reseller di bawah saya dengan konsep sbb misal :

Paket 10GB  dengan pembayaran per tahun misal sebesar 1.800.000

Nah tanpa menyebutkan nama reseller saya membeli paket tersebut selama 1 tahun, contoh saya namakan reseller saya ABCDEFGHIJKLMNOXX.com

Otomatis reseller di atas terikat dengan saya selama 1 tahun, dengan ketentuan tahun depan reseller saya tersebut harus melakukan perpanjangan per tahun sesuai nilai yang di sepakati dengan resiko bila tidak melakukan pembayaran account akan di suspend dan di terminate bila melebihi batas waktu. Artinya bila nantinya sang reseller tidak melakukan renew, customer di bawah reseller adalah tetap tanggung jawab reseller.

Dengan penjelasan saja di atas, artinya hubungan bisnis yang ada adalah antara saya dengan brand ATRIUMHOSTING dengan Reseller.

Nah tibalah saat kejadian sang reseller ABCDEFGHIJKLMNOXX.com akhirnya tidak memperpanjang sampai 2 bulan lebih sehingga account kami terminate. Walaupun di terminate kami masih menyimpan backup klien2 di bawahnya biasanya msh 1 bulan saya biarkan.

Tiba2 muncul klien yang bisa mengetahui bahwa reseller tersebut ambil di AtriumHosting .Com dengan marah contoh :

Customer dari Reseller : Tolong website saya di Up kan

CS Atrium : Maaf pak, website tersebut berada di reseller kami yang tidak memperpanjang layanan reseller, silahkan kontak Reseller bpk. Kalo provider bpk tidak bisa di hubungi silahkan kontak kami kembali akan kami bantu.

Customer dari Reseller : lho kan web saya ada di server anda, dan saya sudah bayar sekaligus 2 tahun lho… masa saya tidak mendapatkan layanan 2 tahun kok cuma 3 bulan saja ?

CS Atrium : Begini pak, bpk order dari reseller kami, otomatis dana/uang tersebut tidak di setor ke kami kan ? pastinya bpk setor ke rekening provider bpk kan ?

Customer dari Reseller : (tetap ngeyel ) tapi saya udah bayar 2 tahun sekaligus pak, buktinya web saya ada di bpk kan … knp mempersulit.

CS Atrium : Baik pak, saya jelaskan kembali , kami coba bantu, provider bpk tidak melakukan payment di kami,  otomatis layanan di hentikan, kalo komplain seharusnya di provider tempat bpk order dan membayar. Kami disini posisi nya membantu dengan cara :

– Kami bisa online kan web bpk, namun bpk harus order kembali ke layanan kami, krn bpk kan klien dari reseller dan kami tidak menerima dananya. Kami bantu up kan dengan cara bpk menjadi klien langsung di bawah kami.

Customer dari Reseller : lho saya kan udah bayar, ga bisa gt dong, saya bisa sebar luaskan dan taruh di surat pembaca koran kalo begini caranya.

—–> kalo saya ceritakan terus bakal panjang ceritanya 🙂 karena banyak caci maki juga

Dalam hal ini saya selaku owner bersedia membantu untuk online kan web klien, backup masih saya simpan dengan baik tidak saya hapus, krn kalo saya tidak membantu pun tidak masalah, krn seharusnya bukan kewajiban saya untuk membantu.

Alhasil membantu klien malah dapat caci maki, customer tersebut sudah di jelaskan beberapa kali tidak mengerti juga , jadi bingung jelasinnya bagaimana.

Akhirnya saya kasi backup, dan saya cuma bisa mengelus dada sambil mencoba bersabar dan berdoa Tuhan berikan orang ini pencerahan yang terbaik buat dia, dan terima kasih buat anugerahMU akan bisa bersabar menghadapi orang seperti ini.

Comment

Be the first to comment

Leave a Reply