Lenovo Energy Management Windows 10 Ideapad 300S

lenovo-ideapad-300s

Bagi pengguna setia Laptop Lenovo , seperti saya contohnya 🙂 tentu nya sudah mengenal fitur Lenovo Energy Management, yang merupakan software bawaan dari laptop, software yang benar membantu untuk membuat baterai laptop kita tetap dalam kondisi stabil dan tidak cepat rusak.

Lenono Energy Management ini adalah free software yang di kembangkan oleh mitra lenovo yang berfungsi sebagai software guard untuk menjaga kondisi baterai laptop kita. Mumet ya ? 🙂 ok deh saya jelaskan pakai bahasa saya sendiri. Jadi gini pada umumnya laptop akan terus melakukan charging kan, proses colokan listrik yang terus tertancap di laptop akan menyebabkan baterai laptop anda overcharging , proses overcharging yang terus menerus tanpa henti, ketika anda bekerja pasti tanpa pernah mencabut colokan listrik dari adaptor ke laptop perlahan lahan akan membuat baterai laptop anda cepat sekali mengalami kerusakan dan biasanya di tandai dengan “DROP”, baterai yang dulunya bisa 4 jam, lama2 akhirnya menjadi cuma 30 menit saja sudah habis.

Nah umumnya orang yang sudah mengerti akan menggunakan cara yang konvensional, yaitu ketika baterai anda full, anda akan mencabut secara menual colokan listrik ke laptop, nah betapa ribetnya bila anda harus menggunakan sistem manual seperti ini bukan ?

Lenovo Energy Management menjawab permasalahan anda seperti itu, anda bisa melakukan setting, agar ketika charging, laptop anda akan tetap berada pada level 40-60%, ketika baterai mencapai 60%, proses charging akan berhenti otomatis , hingga mencapai level 40%, kemudian akan otomatis melakukan charging ulang otomatis pula. Jadi anda tidak perlu cabut2 colokan lagi, krn software ini yg akan melakukan pekerjaan untuk anda. Sehingga anda bisa dengan bebas charging selama bekerja dan bisa di colok terus ketika di rumah.

lenovoenergymanagement

Pada Lenovo Energy Management di Windows 7 fiturnya hanya sebatas itu saja untuk automatic stop charging. Namun pada Windows 8.1 – Windows 10, software Lenovo Energy Management ini luar biasa, terdapat fitur sbb :

  • Automatic Stop Charging
  • USB Charging ( When Sleep, or off ) –> windows 8.1 & 10
  • Express Charging ( Proses cas cepat ) –> windows 8.1 & 10

Untuk fitur USB charging ini fungsinya begini : umumnya bila dalam posisi tercolok ke listrik, ketika anda shutdown, usb ikut off dan tidak mengalirkan listrik. Nah dengan USB charging ini anda bisa tetap charge handphone anda dengan USB cable meskipun laptop dalam posisi shutdown. ( syarat colokan ke listrik )

 

Lenovo Energy Management tidak bisa di Windows 10 

Ya benar, saya coba install software ini di windows 10 tidak berfungsi, solusinya adalah install lah software Lenovo Energy Management yg versi Windows 8.1

Software bisa di download langsung di :

Lenovo Energy Management Windows 8.1

 

Demikian postingan kali ini tentang Lenovo Energy Management , sering2 mampir ya ke blog saya untuk update2 selanjutnya.

 

 

Comment