Kurang pahamnya customer dengan istilah managed server

 

Wah ini saya bikin kategori Curcol ๐Ÿ™‚ he he he … krn di blog saya blm ada kategori ini, jadi saya buat 1 deh buat kalo mau curhat pribadi.

Posting ini saya buat karena nggak enak rasanya memendam ga enak hati ketika customer tidak paham apa yang dinamakan Server Management/ Managed Server.

Di dalam produk saya ada Server Management, yaitu layanan jasa memanage server cpanel yang di peruntukan bagi customer yang tidak bisa mengelola server untuk web hosting. Managed server kurang lebih sama saja, di managed server, server saya sediakan + server management.

Di dalam produk server management / managed server , scope support adalah sbb :

  • Technical Support Server
  • Troubleshooting server
  • dsb

Dari pada saya sebutkan banyak malah mumet lho ๐Ÿ™‚ intinya bahwa dengan menggunakan layanan server management/managed server, staff saya akan membantu mulai dari :

  • Menyiapkan server baru , install cpanel, konfigurasi
  • Optimasi Database, tweak apache
  • Install default cpanel plugin
  • optimasi security server

nah produk ini kadang bikin pusing karena begini :

Ada web developer yang seluruh webnya menggunakan wordpress, website customernya banyak dan terpecah di beberapa VPS, akhirnya di bantuin staff support saya untuk memindahkan ke 1 dedicated server tunggal. Akhirnya selesai dan berjalan dengan baik.

Kami selalu melaporkan bila ada indikasi attacking ke customer ini, ada abusive resources kami informasikan, bahkan ketika ada wordpress / pluginnya /themesnya menggunakan versi jadul kami selalu ingatkan untuk segera update ke yang terbaru.

Dari sekian banyaknya notifikasi , tidak ada 1 pun yang di jalankan ๐Ÿ™‚ … kami biarkan karena kewajiban kami selesai .. akhirnya beberapa web terkena hack alhasil staff saya yang kena marah , kenapa website bisa terkena hack, padahal kan sudah pake jasa managed server , bla bla bla dsb .

Disini saya kadang merasa sedih , karena customer tidak paham apa itu managed server/server management, padahal fungsi dari server management/managed server adalah :

  • Fixing, optimizing, troubleshooting yang berhubungan dengan server

Bukan sebagai : tukang benerin web, update website, update plugin dan themes.

Sering ย banget kami jelaskan tentang scope support sebuah server management/managed server ini, namun sepertinya customer tidak mau tahu.

 

 

 

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*