Cara Klaim kacamata Dengan BPJS

 

Setelah membahas daftar ke BPJS   dan menggunakan BPJS untuk berobat , kini saya akan memberikan informasi perihal cara klaim kacamata dengan BPJS Kesehatan.

Kartu BPJS ini saya miliki sejak januari 2017 dan belum pernah klaim kacamata, paling saya pakai untuk berobat ke dokter gigi saja dan ke UGD ketika anak saya yg cowok jatuh di sekolahnya yang menyebabkan lutut bergeser dan sudah sembuh saat ini.

Nah kebetulan anak saya yg cewek ini , sering ngeluh kalo di kelas ga keliatan apa yang di tulis guru di papan whiteboard, sehingga seringkali buku catatan tugas tidak pernah selesai di tulis , pasti ada aja yg tidak lengkap atau terpotong.

Berikut saya sertakan urutan bila anda akan klaim atau berobat ke poli mata :

  1. Anda harus mengambil surat rujukan ke Faskes 1 ya… waktu itu saya tidak perlu bawa anak saya , krn sekolah masa harus bolos …. ??? he he he meskipun petugasnya nanya anaknya mana ? kan lucu masa minta surat aja mesti bolos …. ngomong ke dokternya akhirnya di berikan surat rujukan, saya pilih RS Adihusada Kapasari, oh ya surat rujukan ini hanya berlaku 1 bulan ya , jadi kalo sudah 1 bulan harus minta kembali ke  faskes 1.
  2. Berangkat ke Rumah Sakit dan masuk ke Ruangan Pendaftaran Pasien BPJS, antri dikit dan kemudian di berikan semacam karcis klinik .
  3. Naik ke lantai 4 tempat klinik mata
  4. Anak cewek saya di diagnosa terkena lazy eyes, cari disini ya
  5. Di berikan obat RG Choline –> obat ini tidak ada dalam daftar obat BPJS ya, jadi saya harus tebus sendiri ini obat.
  6. Dokter memberikan Surat Resep Kacamata , untuk di bawa ke optik
  7. Eit … jangan langsung ke Optik ya pemirsa 🙂 , anda harus ke BPJS dulu minta stempel , kalo anda ke kantor BPJS bisa bayangin antrinya wkwkwk, nggak perlu ke Kantor pusatnya, cukup cari BPJS Center, biasanya ada di Rumah Sakit. Saya tanya suster yg terdekat di RS Soewandi , akhirnya di stempel .
  8. Menuju ke optik kacamata , setelah pilih frame dan lensa, keluar harga Rp. 750.000, karena BPJS anak saya kelas 1, maka subsidi di berikan Rp. 300.000 dari BPJS, akhirnya kami hanya membayar 450.000 untuk kacamatanya. Setelah itu kasi fotokopi kartu BPJS selesai deh , tinggal nunggu jadi deh .

 

Info tambahan :

Subsidi kelas 1 : Rp. 300.000

Subsidi kelas 2 : Rp. 200.000

Subsidi kelas 3 : RP. 150.000

 

 

Comment

Leave a Reply