Jangan pertaruhkan bisnis anda pada 1 ISP

Saya dulu termasuk orang yg bener-bener fanatik kalo urusan Internet he he he , dulu saya ga mau internetan kalo bukan produknya Indosat , waktu itu Im2 broom unlimited dsb, krn waktu itu saya menganggap Indosat itu backbone internet Indonesia, sehingga beberapa ISP lokal justru ada yg nebeng ke Indosat. Abis saya googling eh bener, beberapa ISP untuk link international ada yg nebeng ke Indosat.

Namun krn saya 100% pebisnis online yg kerjaanya bukan hanya ngeblog aja, saya memutuskan untuk tidak percaya satu ISP saja ( Internet Service Provider ). Why ?

Pernah kejadian , saya kerjaannya ngurusin server web hosting, pas bener2 di butuhkan internet yg bagus, server pas error, modem IM2 ga bisa konek, atau kadang2 nyambung , kadang putus, cape deh….

Email klien mulai berdatangan , sedangkan saya sendiri masuk server untuk benerin aja ga bisa konek …waduh2 dalam hati saya gundah gulana ( lebay mode on 🙂 ) panik campur bingung. Akhirnya terpaksa minta tolong rekan untuk membantu saya ngecek kondisi server dan melakukan booting server. Alhasil lancar dan tidak ada problem berarti.

Belajar dari pengalaman tersebut, mohon maaf bukan sombong lho…. saya dengan sangat terpaksa harus punya 3 modem saat ini , sehingga bila salah satu ISP mengalami gangguan, saya bisa pake ISP yang lain. Kalo anda adalah pemilik server hosting, maka artikel ini bukan isapan jempol lho… anda harus punya model lebih dari 1.

Walau harus mengeluarkan kocek lbh tiap bulan, tapi tak mengapa asal bisa handle server dengan baik dan bisa memberi pelayanan yg baik ke klien.

Comment

Be the first to comment

Leave a Reply