Cara Membuat Passport Secara Online

Berawal dari rasa bosan refreshing di tempat2 yang itu2 terus tiap tahun, akhirnya saya memutuskan untuk kali ini mencoba ke luar negeri sehingga di butuhkan passport.

Saya coba bagi pengalaman dengan pembaca blog saya betapa mudahnya membuat passport secara online tanpa repot. Artikel ini saya persembahkan berdasarkan pengalaman pribadi saya mengurus sendiri lho… jadi 100% artikel ini original dan sesuai fakta di lapangan :).

Dokumen yang harus anda siapkan adalah :

1. KTP

2. KSK

3. Akte Kelahiran / Ijazah

4. Surat Nikah ( Bila Sudah menikah )

5. Materai 6000

Anda Scan semua dokumen 1-5 tersebut di atas, nah ketika di scan kan berwarna tuh ya… anda edit menggunakan photoshop/acdsee jadikan grayscale ( alias hitam putih ).

Ok bila sudah siap saya kasi woro2 dulu ya alias WARNING !!! ikutin saja tutorial saya jangan melompat2 dan klik menu2 yg tidak saya instruksikan di blog ini supaya lancar ya.

Lgs saja menuju ke url :

http://ipass.imigrasi.go.id:8080/xpasinet/faces/InetMenu.jsp

( bila anda akses siang hari sering error, di sarankan malam saja )

Klik PRA PERMOHONAN PERSONAL

Silahkan isi form nya :

JENIS PERMOHONAN – paspor biasa

JENIS PASSPOR : 48H —> passport untuk berlibur

isi saja form tersebut sesuaikan dengan data anda.

Nah ketika anda masuk ke form sbb :

Upload File Scan yg anda edit menjadi Grayscale ( hitam putih )

Mohon di ingat ukuran filenya , minimal 100KB maximal 1800 KB, so bila terlalu kecil atau terlalu besar ga bakal bisa di upload. Tolong di catat ya.

Nah setelah anda upload dengan lengkap , anda akan menerima email seperti contoh pada sbb :

Nah silahkan print/cetak email tersebut dan lakukan pembayaran ke bank BNI kurang dari 5 hari. Krn bila melebihi 5 hari anda harus submit ulang.

Warning : di email tersebut juga terdapat email konfirmasi, mohon untuk tidak di klik terlebih dahulu sebelum anda melakukan pembayaran.

Ke Bank BNI tidak usah bingung nanya macem2, cukup ambil antrian saja ke Teller Bank dan sodorin kertas print out di atas, teller nya udah mengerti.

Bila di Kertas itu tertera Rp.255.000, jangan lupa akan di kenakan biaya admin sebesar Rp. 5000, sehingga total pembayaran anda adalah :

Rp. 260.000,-

“Updated tgl 8 Agustus 2014 ; harga menjadi 355 rb + Admin 5000 : total : 360.000 “

Ok sampai sini anda akan menerima bukti pembayaran dari BNI. Simpan dulu baik2 bukti pembayaran tersebut jangan sampai hilang ya.

Langkah selanjutnya adalah cek email anda yg terakhir terdapat link URL untuk konfirmasi bila telah di lakukan pembayaran.

Setelah di klik akan muncul kotak nomor jurnal :

Nah cek di bukti pembayaran dari BNI akan terdapat Nomor Jurnal, masukkan nomor tersebut ke kotak yang tersedia dan silahkan pilih jadwal kehadiran ke Kantor Imigrasi terdekat.

Anda akan menerima Email Konfirmasi Permohonan , di PRINT YA

Karena saya adalah orang Surabaya, maka saya harus pilih Kantor Imigrasi Khusus Kelas 1 Surabaya

yang beralamat di :

Jl. Jendral S Parman – Waru Sidoarjo

silahkan sesuaikan dengan kondisi kota anda dan pilih KANIM yg ada di kota anda, bila anda tidak berada di kota yg sama dengan KTP tetap tidak masalah, silahkan pilih KANIM yang terdekat di kota anda.

Silahkan Pilih Tanggal Kedatangan.

Ketika anda memilih tanggal kedatangan anda tidak boleh datang sebelum waktunya, kalo lebih dari jadwal tidak ada masalah.

—————————————————————-

πŸ™‚ saya kasi garis deh , menandakan bahwa step 1 telah selesai , selamat ya. he he he ..

Step Selanjutnya adalah :

1. Fotokopi semua dokumen dengan kertas A4 seperti :

– KTP

Ingat waktu anda fotokopi KTP ini jgn di potong ya, perbesar 50% bolak balik namun dalam kertas A4.

– KSK
– Akte Kelahiran / Ijazah

2. Susun Rapi data anda dan jepret steples supaya tidak hilang meliputi :

– Surat Permohonan

– Bukti Pembayaran ke BNI

– Fotokopi KTP ukuran A4

– KSK

– Akte Kelahiran/ Ijazah

3. Bawa Surat Asli tersebut juga karena nanti akan di cocokkan di kantor Imigrasi.

4. Materai 6000 nya taruh saja di kantong anda supaya siap pakai nanti .

5. Datanglah ke kantor Imigrasi lebih awal

Warning : bila anda datang kesiangan , dijamin anda akan di tolak nantinya kalo quota per hari telah habis.

So saran saya , jam 6 Pagi anda sudah ada di depan kantor imigrasi ya πŸ™‚

Kantor akan buka jam 7.30, silahkan antri di disitu bakal banyak temen antri ntar πŸ™‚

Apa lebihnya mengurus Pasport Online ?

Dengan mengurus passport online anda tidak perlu ribet lagi isi formulir dsb seperti cara2 manual.

Anda ngikut antri saja dulu di barisan orang2 tersebut di depan kantor, nah pada jam 7.15 pintu di buka untuk ambil antrian Ticket Mesin, petugasnya nanti akan sudah teriak2 contoh begini :

Yang daftar via internet silahkan masuk duluan !

Kalo ga denger ya pas ada petugas bilang saja daftar via internet maka akan di suruh masuk duluan ke dalam.

6. Siapkan dokumen yg saya instruksikan untuk di jepret rapi tadi, tunjukan SURAT PERMOHONAN , disitu ada barcode yg harus di scan , akan di dampingi petugas untuk scan dan ambil antrian ticket.

Dengan antrian ini, antrian anda akan lebih cepat krn di berikan loket tersendiri yang daftar via internet.

7. Silahkan tunggu panggilan untuk pemeriksaan dokumen, setelah ada panggilan nomor antrian ticket, sodorkan dokumen anda dan berikut dokumen aslinya untuk di cek.

Setelah clear anda akan di berikan MAP yang harus di tulis nama anda dan alamat, bila sudah akan di berikan antrian untuk foto dan wawancara di Loket BIOMETRIK.

Nah bila anda mengajukan passport baru, anda akan di berikan kertas surat pernyataan, disinilah Materai 6000 ini harus di pakai.

8. Pindah posisi kursi anda ke loket BIOMETRIK, anda akan di foto terlebih dahulu, kemudian duduk kembali untuk wawancara.

Wawancaranya apaan ya ? πŸ™‚

ah gampang paling cuma di tanya begini :

Mau kemana pak bikin passport ?

Sebutkan Nama Lengkapnya?

Tanggal lahirnya ?

setelah itu anda di minta untuk recheck validitas data nya trus di minta tanda tangan.

petugas akan mengembalikan surat permohonan anda, simpan surat permohonan tersebut dan kembalilah 4 hari kemudian passport sudah jadi.

Horayyy… πŸ™‚

Pertanyaan yang sering di tanyakan :

Bagaimana bila saya ingin mengurus untuk anak saya apakah prosedurnya sama ?

Jawab :

Bila anda mengurus passport untuk anak, di form isian online , isikan nama anak anda, upload akte lahir dan KSK, serta Β KTP orangtua(ayah dan ibu ).

Nah sewaktu pengajuan dokumen sertakan juga KTP orang tua itu.

Apakah di Imigrasi ada tempat untuk fotokopi ?

Jawab : ada , disana selain ada tempat fotokopi, ada juga jual materai, namun di sarankan supaya cepat, fotokopi aja semasa msh di rumah.

Bolehkan pengurusan ini di wakilkan ?

Jawab : bila anda mengurus untuk pasangan, anak saudara dsb, pastikan orang tersebut ada ketika scan barcode surat permohonan, krn petugas akan menolak permohonan bila yg bersangkutan tidak ada di tempat.

Apakah pengambilan passport bisa di wakilkan ?

Jawab : pengambilan passport bisa di wakilkan dengan syarat orang tersebut berada dalam satu KSK anda. Bila tidak harus menggunakan surat kuasa bermaterai + fotokopi KTP.

Apakah Pengurusan ini cepat via online ?

Jawab : iya sangat cepat bila seluruh data dan dokumen anda sudah lengkap.

Apakah tidak ada pungli ?

Jawab :

Saya sudah membuktikan bahwa tidak ada pungli di kantor imigrasi πŸ™‚

NOTE :

SANGAT DISARANKAN ANDA PRINT ARTIKEL INI DAN BAWA KETIKA SEDANG MENGURUS PASSPORT SEHINGGA ANDA TAHU STEP2 NYA SUPAYA LEBIH MUDAH.

 

Update :

Karena ada perbaikan dan perubahan sewaktu waktu dari pihak imigrasi , mungkin url tidak valid , hal tersebut di karenakan, setiap kota memiliki akses tersendiri.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*