Anti Virus/Malware Ringan Dan Ampuh

Jumpa lagi dengan postingan saya kali ini , di postingan kali ini saya akan membahas tentang anti virus/malware yang ringan dan ampuh , menurut versi saya ya , krn saya udah pernah pakai banyak anti virus dari yg gratis sampai berbayar, dari merk yang katanya nomor 1 sampai dengan merk terakhir ha ha ha …. just kidding 🙂 .

Coba di baca lagi dong judul saya kenapa saya menulis Anti Virus/Malware ? Jawabanya adalah 2 hal tersebut memiliki arti dan aksi yang berbeda lho, jangan di kira sama ya.

Virus :

Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri [1] dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

Malware :

Perangkat lunak berbahaya, perangkat perusak (bahasa Inggris: malware, berasal dari lakuran kata malicious dan software) adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer, peladen atau jejaring komputer tanpa izin termaklum (informed consent) dari pemilik. Istilah ini adalah istilah umum yang dipakai oleh pakar komputer untuk mengartikan berbagai macam perangkat lunak atau kode perangkat lunak yang mengganggu atau mengusik.[1] Istilah ‘virus computer’ kadang-kadang dipakai sebagai frasa pemikat (catch phrase) untuk mencakup semua jenis perangkat lunak berbahaya, termasuk virus murni (true virus).

Penjelasan di atas sumbernya dari WIKIPEDIA , nggak usah mumet bacanya , kalo nggak ngerti saya jelasinpake bahasa saya aja ya :

Virus : Program jahat / Bad Code yang dapat menduplikasi dirinya sendiri untuk merusak system komputer atau aplikasi tertentu agar tidak bisa berjalan dengan normal/rusak.

Malware : adalah program jahat/ bad code, malware tidak terlalu menduplikasi(bisa juga menduplikasi), namun biasanya tersisip dalam sebuah program/aplikasi/software yang biasanya saat ini di gunakan untuk ngiklankan sebuah website ( ini malware putih ya 🙂 , sedangkan  oknum2 yang tidak bertanggung jawab biasanya malware ini digunakan untuk mencuri data, merekam aktivitas dan kadang justru berfungsi sebagai keylogger yang merekam aktivitas dan keystroke kita. Malware akan sangat ajaib bila terkoneksi dengan internet. Tanpa internet sebuah malware kurang begitu ampuh.

Ok jelaskan guys , muncul lagi pertanyaan : Manakah yang lebih berbahaya ?

Keduanya sama2 berbahaya, namun bila anda setiap hari bekerja di depan laptop , menjalankan internet banking login dan sering kerja online yang berhubungan dengan form, login, hal hal lain di internet, maka Malware adalah ancaman terbesar anda lho.

Saya pernah install namanya anti virus, ketika saya scan bersih laptop saya , tidak terdeteksi 1 virus pun, ketika saya install anti malware, wow amazing , saya menemukan banyak malware di laptop saya yang tidak terdeteksi oleh anti virus.

Memang saat ini anti virus biasanya sudah merangkap anti malware, namun untuk orang seperti saya …. saya setiap hari selalu bekerja dengan :

  • Internet Banking
  • Login server hosting
  • Login Website
  • Login Billing
  • Belanja online
  • Jualan online
  • Email aktif setiap hari

Maka yang saya butuhkan adalah sebuah Anti Malware, yang akan melindungi saya dari pencurian data penting saya.  So jadi saya lebih memilih Anti Malware untuk kondisi seperti di atas.

Saya bisa merekomedasikan anda untuk 2 produk yang sudah saya coba keduanya, software anti malware ini ringan, ada gratisannya juga lho :

MALWAREBYTES

Zemana Anti Malware

 

Kalo anda bingung sebaiknya yg GRATIS atau BERBAYAR ? saya menyarankan untuk perlindungan optimal anda gunakan lisensi berbayar , krn dengan fitur berbayar tentunya fitur lebih lengkap dan Real Time Monitoring Aktif. Namun kalo anda pilih free juga sah sah saja …. sesuaikan dengan pentingnya aktivitas online anda.

 

 

Comment

Leave a Reply