Akhirnya Daftar BPJS lho

halo rekan2 pengunjung blog saya, masih ingat nggak ketika saya membuktikan layanan BPJS milik pemerintah ini ? tepatnya ini nih urlnya :

Review Berobat Menggunakan BPJS di RS William Booth Surabaya

Ya intinya di review di atas, saya sedang antar mama mertua saya yang sakit jantung dan di rawat menggunakan BPJS.

Nah lupa cerita di blog lagi nih … harap maklum nih lagi sibuk ๐Ÿ™‚ he he he, setelah case di artikel tersebut saya akhirnya daftar BPJS juga lho … padahal dulu saya anti banget namanya BPJS. Mencoba untuk mengikuti aturan wajib pemerintah untuk daftar BPJS Kesehatan, akhirnya saya daftar juga untuk BPJS.

Mengingat biasanya kantor BPJS selalu ramai oleh para pendaftar dan klaim, saya memutuskan untuk tidak membuat offline, tetapi dengan cara online, yaitu melalui URL sbb :

https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-online/

Saya kasi tau dulu sebelum anda daftar kesitu , yaitu :

  1. Url tersebut biasanya selalu sibuk dan tidak terlepas dari yang namanya timeout dan error , krn yg akses seluruh Indonesia vrohhh ๐Ÿ™‚
  2. Siapkan Nomor KTP + Nomor KSK saja deh .

Pada saat daftar termasuk sangat cepat , akhirnya saya menerima email yang berisi link konfirmasi dan saya harus melakukan klik link aktivasi tersebut.

Setelah melakukan klik link konfirmasi , saya kemudian halaman web di redirect ke halaman daftar peserta dan nomor VA ( Virtual Account ) , saya download semua untuk arsip dan pembayaran ke Bank .

Oh ya mohon di ingat ya aturan yang baru ( aturan ketika artikel ini di buat : 23 Feb 2017) , bila anda daftar hari ini, tidak bisa langsung di bayar di bank ya , kalo memaksa untuk membayar maka tetap saja di tolak. Jadi setelah anda daftar silahkan cek nomor VA yang anda download, disana tertera kapan BPJS anda bisa di bayar.. OK paham ya .

Setelah 14 hari ternyata saya akhirnya bisa membayar, anda bisa bayar BPJS ini melalui : Bank BNI/ATM, Mandiri/ATM, Indomaret, Tokopedia, atau situs yang lainnya ya .

nah sedikit masalah nih … setelah melakukan pembayaran, saya klik ulang link aktivasi untuk mendapatkan kartu virtual ( yang bisa di print ) , tapi tetap tidak muncul .

Akhirnya saya tetap ke kantor BPJS di Darmahusada No. 1 Surabaya , saya menyampaikan ke staff BPJS di bagian depan dan di berikan nomor antrian ke Loket Cetak/Pengambilan Kartu saya tunjukkan :

  1. Bukti Pembayaran
  2. KSK + KTP

7 Menit kemudian kartu saya selesai di cetak dan di kasi juga buku panduan BPJS .

 

Ok ya gaesss…. selamat mencoba ya

 

Comment

Leave a Reply