Salah Kaprah Unmetered Traffic Bandwidth

Bila membeli sebuah layanan web hosting, tentunya sebelum kita membeli paket tersebut kita di perhadapkan oleh sebuah tabel harga dan jatah yang kita dapatkan misal : space, add on domain, traffic bandwidth dll.

Yang saya soroti saat ini adalah “Unmetered Traffic bandwidth”, tidak hanya orang awam saja, blogger yang sudah lama berkecimpung di dunia internet pun kadang bingung menterjemahkan kata “Unmetered Traffic Bandwidt”, mereka beranggapan bahwa kalo Unmetere/Unlimited Traffic Bandwidth itu bahwa kita bisa pake account web hosting kita untuk segala macam jenis scripts, plugin, wprobot, autoblog, dsb yang tentu saja hal tersebut menguras cpu, ram , mysql server secara keseluruhan.

 

Pandangan seperti ini bisa di katakan SALAH ! 🙂

 

Saya jelaskan dulu ya :

Kalo itu kita jelaskan dengan kata Unlimited Traffic bandwidth sebenernya istilah yang kurang pass, krn setiap bandwidth itu memiliki batas(limit), jadi lebih tepatnya adalah Unmetered Traffic Bandwidth —> arti jelasnya :

 

Traffic Bandwidth : Jumlah lalu lintas data transfer web kita ke server hosting –>hal ini  di pengaruhi oleh visitor. Semakin banyak visitor maka akan menggunakan yang namanya traffic ini dan juga penggunaan  plugin akan memicu process  RAM&CPU yg secara tidak langsung menyebabkan meningkatnya jumlah data transfer tersebut.

 

Unmetered : artinya limit traffic ini di lepas

 

Bagaimana bila disitu tertulis misal Traffic Bandwidth : 2 GB?

 

Bila Jatah Quota kita mencapai 2 GB ( 2048 MB ) halaman web anda akan ada tulisan BANDWIDTH LIMIT EXCEEDED, website /blog anda kehabisan jatah traffic bandwidth.

 

Kesimpulan : Unmetered Traffic Bandwidth bukan berarti bisa menggunakan seluruh resources (RAM, CPU ) sebuah layanan web hosting.

 

 

 

 

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*