Review Internet Indosat 2015

Sebagai user yang selalu mengharuskan saya menggunakan internet setiap hari dan setiap waktu, saya di rumah memang menggunakan yang umum digunakan mayoritas masyarakat Indonesia yaitu Telkom Indihome, sampai detik ini bila dirumah menggunakan internet indihome ok ok aja tanpa hambatan berarti.

Namun ketika berada di luar bekerja secara mobile , modem usb harus selalu ada di tas laptop saya, mungkin anda akan bertanya kenapa nggak pake wifi saja kalo ada di mall ? Yes, di mall banyak bertebaran wifi, untuk sekedar anda ketahui bahwa free wifi yang terpancar di mall , yang free biasanya lambatnya minta ampun, bahkan ketika ngopi di starbucks atau coffee bean ( contoh saja ) yang internetnya free dengan kita membeli minuman pun tetap saja lambat. Itulah sebabnya mengapa saya tidak terlalu suka menggunakan free wifi.

Alasan lainnya adalah pekerjaan saya sebagai web hoster, internet marketer dan web designer yg sering login ke server root mengharuskan saya tidak sembarangan menggunakan akses wifi gratisan, karena bahaya sekali menggunakan free wifi, kalo pun terpaksa saya harus menyalankan openvpn dan proxy secure untuk menggunakan internet tersebut.

Oke back again to Review Internet Indosat 🙂

Dulu sekali jaman saya pake Indosatm2 dengan produknya broom, saya pake produk tersebut sekitar 1 tahun lebih modemnya kayak gini nih :

m2-modem

Waktu itu bila anda menggunakan internet di kota-kota besar seperti Surabaya, Jakarta, Denpasar Bali, Semarang, internetnya kencang , namun ketika keluar dari kota besar sinyal hanya menunjukkan EDGE, jadi lambat banget. Akhirnya saya putuskan untuk tidak menggunakan internet Indosat.

Nah seminggu yang lalu sebelum saya posting artikel ini saya dapat email nih dari Indosat :

Untuk kenyamanan Anda dalam menikmati kecepatan akses internet hingga 42 Mbps, pastikan Anda tetap menggunakan Paket Super Internet Indosat. Dan untuk tambahan kuota data lebih besar hingga 6GB dan kecepatan Super Internet yang tetap stabil, Anda dapat membeli Paket EXTRA di *123# pilih Super Internet atau melalui INSTANT
Dan kami informasikan pula bahwa mulai 1 Juni 2015, Paket Super Internet Indosat hadir dengan Kuota Baru dan kualitas jaringan yang lebih baik. Informasi lengkap Kuota Baru Paket Indosat Super Internet dapat Anda lihat di Sini

Akhirnya saya coba kembali menggunakan Mentari Indosat dengan promo 3 GB Quota / 90 hari.

 

Selama saya gunakan 7 hari, setiap hari selalu on , jarang hang atau idle, lokasi di Surabaya , kecepatan relatif 2,5 Mbps – 4 Mbps.

Namun ketika saya bawa ke Tuban, sinyal modem mejadi EDGE, dan lemotnya minta ampun .

 

Kesimpulan :

Bagi anda yang hanya sering bepergian dari kota besar ke kota besar lainnya meliputi : Surabaya, Jakarta, Medan, Semarang, Denpasar Bali, kota besar lainnya, menggunakan Indosat adalah alternatif yang bagus krn lebih stabil dari pada anda menggunakan internet HSDPA lainnya.

 

Namun bila anda sering ke kota kecil : misal Tuban, bojonegoro, kediri dsb ( kota kota kecil ya ) internet Indosat ini tidak cocok untuk anda.

 

Sekian review singkat saya, ternyata internet Indosat kualitas nya tetap sama belum berubah untuk coverage internet cepatnya. Semoga mereka cepat berbenah.