Reseller Hosting Tutorial (3) Memilih Partner membeli paket reseller hosting

Setelah anda membaca artikel yang reseller hosting tutorial 2, tentunya anda sudah mulai mengerti apa langkah yang harus anda lakukan sebelum benar2 terjun ke bisnis web hosting ini.

Di artikel ini anda akan di berikan bagaimana mencari provider web hosting sebagai partner, terutama bila mmg anda newbie atau blm memiliki server sendiri. Satu hal yang saya sarankan jgn lupa selalu andalkan Search Engine seperti Google, Yahoo, Bing dalam setiap pencarian anda.

Memilih Provider web hosting sebagai mitra bisnis anda itu gampang2 susah 🙂 knp saya sebut demikian ? krn setiap manusia memiliki karakter yg berbeda-beda dan kita sendiri bila memilih seorang teman pun juga akan pilih2 bukan. Naluri boleh anda gunakan , namun yang terpenting adalah provider yang benar2 mengerti kemauan anda dan memberikan support bila anda membutuhkan bantuan teknis.

cara memilih provider web hosting sebagai mitra adalah :

1. Provider yang telah lama berdiri

Lamanya berdiri mmg tidak menjamin, namun paling tidak ini sebagai patokan awal, paling tidak carilah provider web hosting yang telah berumur minimal 1 tahun

Note : setelah anda cari itu, silahkan anda catat jadikan sebagai list

2. Search dengan Google.Com, Yahoo.com ketikan kata kunci yang berhubungan dengan reseller hosting

Note : jangan lupa anda catat juga daftar web hostingnya

3. Bila sudah melakukan langkah 1 dan 2, maka skrg waktunya anda memilih provider web hosting yang telah memiliki server sendiri. Banyak di luar sana provider web hosting hanyalah reseller dari provider lain. Bukan berarti reseller selalu jelek. Berikut level web hosting yang selama ini ada :

– Root ( Pemilik Server )

– Alpha Master Reseller

– Master reseller

– Reseller —-> posisi anda

Sebisa mungkin bila anda posisi di Reseller , bermitralah lgs dengan si ROOT :), karena bila ada problem, maka segala sesuatunya akan cepat selesai dan anda bisa lebih confident krn anda membeli paket reseller dari pemilik server langsung.

Bila anda memilih membeli paket Reseller dari Master Reseller, bila suatu saat ada problem , pihak master reseller bisa jadi tidak mengerti, kemudian akan meminta bantuan ke alpha master, pihak alpha master akan meminta bantuan ke Root.

Disinilah waktu akan terbuang begitu lama dan seringnya tidak terselesaikan dengan baik.

Saya memberikan tutorial ini sebagai gambaran secara teknis support, namun tidak semua master atau alpha itu jelek. Nilai efisiensi yang saya utamakan disini.

4. Bila sudah berhasil menemukan provider seperti tutorial saya di nomor 3, saat nya anda bertanya. Pepatah mengatakan : bertanyalah agar anda tidak tersesat di jalan 🙂

Silahkan Chat dengan CS atau bagian sales provider web hosting tersebut, tanyakan hal2 sbb :

– Apakah server menggunakan whitelabel hostname ? krn banyak juga provider web hosting tidak menggunakan whitelabel hostname, sehingga kelak bila di trace hostnamenya tertuju pada provider hosting tersebut. Hal ini kurang bagus untuk kelangsungan bisnis web hosting anda.

– Bertanyalah mengenai hal-hal teknis yang anda tidak tau, bila CS / Sales bisa menjelaskan dengan baik dan dapat anda terima dengan baik di otak anda, artinya sudah OK. Lanjutkan berikutnya.

5. Langkah selanjutnya adalah : Buka Google lagi dan carilah review tentang provider tersebut : misal dengan keyword : Review …. ( nama provider hosting ).

Dengan itu maka akan terlihat kasus2 yang pernah terjadi atau pandangan secara umum provider web hosting tersebut.Yang terekam di google mmg tidak sepenuhnya segala keluhan adalah salah si Hoster, so jadikan pencarian review ini sebagai salah satu cara.

Ingat bahwa ada forum tempat kumpul provider hosting, contoh :

www.diskusiwebhosting.com

Disana akan muncul banyak sekali provider web hosting yang terlibat di dalamnya. Diskusiwebhosting.com adalah wadah untuk berdiskusi dan ada system verifikasi, mampirlah kesana untuk memastikan kredibilitas partner yang akan anda pilih untuk bisnis ini.

6. Step terakhir 🙂 —> Harga

Sedikit wejangan dari saya, jangan memiliki konsep mencari paket reseller dengan harga yang murah. Murah memang tidak selamanya jelek, namun survey membuktikan , what you pay is what you get. Kalo terlalu murah, ntar ada problem dengan server yang membutuhkan cost, justru si root tidak bisa mengambil tindakan krn keterbatasan dana :).

Jangan mencari paket reseller yg unlimited space, krn harddisk tetap ada limit.

So , tidak menyalahkan harga yang murah, namun bijaklah dan ingat bahwa ini adalah bisnis masa depan anda.

Menuju Ke Tutorial Reseller Hosting 4

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*