Reseller Hosting Tutorial (2) Persiapan Karakter Hoster

Siapa bilang setelah menjadi seorang reseller hosting, anda bisa duduk tenang tanpa gangguan ? πŸ™‚ semua jenis bisnis memiliki resiko tersendiri, resiko yang paling sering di hadapi oleh seorang reseller adalah :

1. Di omelin klien krn server down

2. Di omelin klien krn tidak bisa di hubungi

3. Di omelin klien krn salah klien sendiri

 

Semua itu pasti akan di alami oleh semua pebisnis web hosting, krn semua bidang akan mengalami permasalahan yang sama. Inti dari semua itu adalah karakter dari kita sendiri bagaimana membawa diri kita untuk menghadapi klien.

Bagaimana sih karakter kita seharusnya menjadi seorang HOSTER ?

1. Tidak mudah emosi

Hal ini adalah hal yang paling penting untuk menghadapi klien. Memang tidak semua permasalahan terletak di kita.Terkadang ada juga klien yg salah, namun karena klien tidak mengerti akhirnya kita yang disalahkan. Sangat manusiawi bila anda marah, namun emosi yg meledak-ledak bukanlah sosok hoster yang akan sukses. Krn dengan mengedepankan emosi, artinya suatu saatΒ  akan menjadi bumerang untuk diri sendiri. Jadi gunakanlah kalimat2 yg tetap calm down dan professional dalam menjawab pertanyaan klien.

2. Jiwa Pemimpin

Bila anda menjadi hoster, artinya anda harus membuat orang lain percaya kepada anda dan meyakinkan klien anda, bahwa web mereka aman bersama dengan anda. Jiwa seorang pemimpin akan bisa meyakinkan orang. Jangan lupa bila chatting maupun menjawab pertanyaan klien, anda harus menjadi pemimpin yang mengarahkan klien, memberi rasa aman, menentramkan dan memberikan pengertian yg baik bila klien keliru dalam pemahaman term of service web hosting.

3. Jiwa yang siap membantu

Kebanyakan klien akan memilih hoster yg helpful( suka membantu), misal dalam sebuah forum ada member yang kesulitan dalam menangani account hosting nya, anda siap membantu persoalannya meskipun mereka tidak membeli paket hosting di anda. Dengan begitu member tersebut akan respek ke anda, eit jangan lupa, pembaca yang tidak nimbrung pun akan memperhatikan jawaban anda dan menilai bagaimana karakter anda. Jawablah ticket dan chat klien dengan memberikan solusi dan tidak memberikan jawaban2 yang mengambang.

4. Ramah & Bersosialisasi

Tanpa ini anda tidak pernah menjadi hoster yang besar. Hoster juga manusia yang memerlukan sosialiasi dalam kehidupan sehari-hari. Sering-seringlah bersilahturahmi dengan hoster yang sudah lbh lama dari anda, dan juga dengan hoster baru. Karena dengan bersosialisasi ini anda bisa banyak mendapat pengalaman dalam memanage usaha anda, bisa bertukar pikiran dengan yang lain, dan saling membantu bila ada problem. Sering2lah kopdar dengan mereka dan bersocial media melalui FB maupun twitter untuk saling menyapa.

5. Tidak Mudah Panik

Bila anda ingin menjadi hoster yg matang, jangan mudah panik terhdap segala sesuatu, pikirkan dengan akal sehat, Contoh: bila server tempat mengambil reseller anda down, anda sudah kebingungan sendiri , emosi bercampur geram, telp sana sini , sms sana sini, dsb πŸ™‚

Bila mengalami hal tersebut cobalah untuk tenang terlebih dahulu, dan kirim support ticket, sms tanyakan apakah ada problem di server, bila mmg jawaban iya, tanyakan juga problemnya apa dan kira2 kapan bisa selesai. Setelah itu anda mass mail ke klien anda mengenai problem tersebut. Tanyakan kembali ke upline anda berkala , namun jangan terlalu sering. Dengan demikian anda akan terlatih untuk menghadapi problem secara bijaksana.

Nantikan selanjutnya πŸ™‚

 

Baca Reseller Hosting Tutorial 3

 

 

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*