Refreshing ke Telaga Sarangan Magetan

telagasarangan1

Telaga Sarangan ini termasuk wilayah Magetan Jawa Timur, namun bila anda ingin ke Solo Jawa Tengah juga tidak terlalu jauh lewat Karang Anyar. Saya dari Surabaya kebetulan mampir ke Desa Rengel Kabupaten Tuban, desa ini adalah kampung halaman saya sehingga di momen liburan lebaran saya sempatkan pulang untuk sekedar menengok keluarga dan merasakan suasana pedesaan.

Jarak dari Surabaya  ke Rengel – Tuban ini totalnya adalah 112 KM, sehingga krn saya berangkat pagi banget hanya memakan waktu 2,5 jam saja untuk mencapai tempat ini.

Karena prediksi saya biasanya hari liburan lebaran di jalan selalu di penuhi orang mudik , sehingga untuk ke Telaga Sarangan saya harus berangkat pagi sekali. Saya bangun jam 4 pagi untuk persiapan dan berangkat jam 5 pagi.

Di perjalanan benar2 sangat nyaman jalan sangat sepi krn belum di jejali orang mudik, estimasi waktu untuk sampai ke Telaga Sarangan Magetan adalah 3 jam an. Kalo dari Rengel – Tuban ini peta lokasinya :

petarengelsarangan

Di Peta Google Maps tersebut ada 3 jalur, saya lewat jalur biru memakan waktu lebih cepat, yaitu 3 Jam 20 Menit. Saya harus melewati Kota Bojonegoro, Cepu, Padangan, Ngawi, Magetan, Telaga Sarangan.

Perjalanan 3 Jam an saya akhirnya sampai jam 8 pagi, inilah enaknya kalo berangkat pagi he he he, dapat parkir di depan gate Telaga Sarangan, karena saya dan keluarga hanya ke Telaga Sarangan tidak menginap, saya hanya bisa parkir di luar gate saja pemirsa 🙂 , kalo anda nginap di hotel di dalam kawasan Telaga Sarangan anda bisa masuk ke dalam kawasan tersebut namun saya memutuskan untuk tidak menginap.

Untuk pagi dan siang hari, di Telaga Sarangan tidak seperti saya bayangkan dinginnya, ternyata tidak dingin dan siangnya cenderung panas, saya bertemu orang jakarta yang menginap disana, ternyata dinginnya luar biasa bila malam, namun siang tidak.

Pada saat posting artikel ini begini :

Karcis Dewasa Masuk : 7.500

Karcis Anak-Anak : Rp. 5000

Kami sekeluarga keluar biaya : Rp. 35.000 saja dalam 1 mobil.

Ada beberapa temen dan referensi di google yang menyarankan jangan naik mobil 1000 CC ke telaga sarangan lho.. ternyata nggak bener juga, saya aja pake Karimun Wagon R yang hanya memiliki kapasitas 1000 cc doang dengan 4 penumpang dewasa dan 2 anak2 artinya full itu mobil 🙂 dan dengan enaknya bisa melaju tenang tanpa harus bersusah payah ke jalan tanjakan. Saya lihat tanjakan disini tidak extreem , nanjak tapi tidak langsung tajam, perlahan2 jalan itu naik naik begitu saja cenderung landai, yg nanjak dikit hanya di dekat kawasan mendekati telaga sarangan saja.

 

IMG_20150718_091648213[1]  IMG_20150718_091657442[1]

 

 

Di Telaga Sarangan anda akan menjumpai orang berjualan sbb:

– Strawberry

– Jeruk Peras

– Nasi Pecel

– Bakso

– Sate Kelinci

– Kaos, topi dsb.

 

Jenis Wahana :

– Boat Rp. 60.000 1 x putaran

– Kuda Rp. 60.000 1x putaran

 

Outbound ada tapi jalan agak jauh dari telaga sarangan.

 

Rekomendasi :

Anda tidak bisa menikmati dinginnya Telaga sarangan bila anda cuma datang pagi dan pulang sore, disini cocok nya anda harus menginap untuk merasakan dingin di malam hari.

 

Harga untuk sekelas hotel :

Masa Liburan : 500- 1.500.000 per malam

Masa Tidak liburan : 250 -600 per malam

 

Harga untuk sekelas Homestay :

Masa Liburan : 500.000 – 800.000 per malam

Masa Tidak Liburan : 100.000 – 500.000 per malam

 

Demikian catatan online saya ketika melakukan perjalanan ke Telaga Sarangan Magetan Jawa Timur