Monitoring Kinerja Server VPS & Dedicated Server

Bila anda pernah memiliki VPS / Dedicated Server berbasis linux, tentunya memonitor kinerja sebuah server sangatlah penting peranannya dalam keseharian, apalagi bila VPS/DS tersebut di gunakan untuk berjualan shared hosting.

Cara standart yang umum di lakukan oleh System Administrator adalah menggunakan perintah “TOP” di SSH dengan menggunakan software SSH Putty, namun ini hanya sebatas interface untuk mengamati saja, tidak bisa melakukan kill process yang berlebihan dalam sebuah server dan mengetahui user mana yang melakukan tindakan abusive di dalam server.

Gunakanlah script kecil yang bisa anda install di server, script itu di namakan HTOP, dengan cara ini maka kita dapat memantau kinerja server seperti CPU, RAM, user yang menggunakan resources berlebih. Bila di rasa proses cpu sangat stagnan, anda juga bisa melakukan kill process, sehingga process yg berlebihan itu tidak berdampak buruk untuk server anda.

Gimana cara Installnya ?

Silahkan buka software putty, anda bisa download disini kalo blm punya

masukkan IP server, username dan password

lakukan perintah ini :

Instal Htop :

cd /

wget -c http://internode.dl.sourceforge.net/project/htop/htop/0.8.3/htop-0.8.3.tar.gz

tar -xvf htop-0.8.3.tar.gz

cd htop-0.8.3

yum install gcc c++

yum install ncurses-devel

./configure

make

make install

 

Note :

Versi htop akan selalu di perbarui, so silahkan pantau versi terbaru melalui web resminya.

 

Setelah proses instal selesai, cukup ketikkan HTOP, maka akan muncul interface mirip “TOP” namun dengan fitur yang lebih lengkap.

 

 

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*