Mengubah Hobby Design Web menjadi Profesi

Ternyata oh ternyata pas kumpul2 ama beberapa blogger di Surabaya, banyak banget dari mereka hanya berkutat untuk menulis di blog nya masing-masing hanya sebatas sebagai pelampiasan ide dan dan menjadikan blognya sebagai sebuah diary. Menjadikan blog tersebut itu biasa2 aja tanpa memikirkan ide lain.

Ternyata mereka meskipun sebagai blogger, dari hasil ngobrol mereka mengerti tentang coding html, php dan css, dan desain photoshop. Sempet juga ditunjukan beberapa karya desain photoshop yang benar2 memukau saya waktu itu sambil di temani secangkir kopi di Resto Kopi Tiam Killiney di Delta Plaza Surabaya.

Bakat sebuah hobby mendesain atau blogging sebenernya bisa lho di asah menjadi profesi , dan banyak dari mereka tidak yakin akan kemampuan dirinya untuk menunjukkan aksinya. Contoh logis nya begini :

Tipe A :Anda memiliki hobby blogging dan setiap hari anda menganggap blogging is your life

Tipe B : Anda membuat blog untuk kesenangan namun anda memiliki jiwa seni yang tinggi dan menguasai desain grafis

Tipe C : Anda adalah hanya seorang pengangguran , namun sering di mintain tolong untuk melakukan desain website, mengerti coding

Tipe D : Anda adalah orang menyukai bisnis online dan tiada hari tanpa online

Anda masuk kategori mana yah ? he he he

Bila anda memiliki ciri khas salah satu dari tipe-tipe di atas, anda bisa mengubah hobby anda menjadi profesi lho…. apasih profesi yang cocok ?????

Profesi yang saya maksud adalah :  WEB DESIGNER , WEB DEVELOPER, FREELANCE WEB DESIGNER

Bagaimana cara memulainya ?

Untuk Tipe A : Silahkan kembangkan bakat anda blogging dengan cara, modifikasi themes blog anda , misal anda menggunakan wordpress, gunakan premium themes untuk menjadi portofolio design anda, so anda tidak perlu susah2 untuk melakukan coding krn basic anda bukan programmer.

Untuk Tipe B : krn basic anda juga buka programmer yg bisa coding, gunakan premium template dari provider tenplate terkenal , namun krn anda memiliki jiwa seni yang tinggi, replace gambar2 standart sesuai dengan jiwa seni anda dan lakukan modifikasi dari template yang sudah ada, template free pun bisa anda rubah menjadi premium krn anda memiliki jiwa seni yg bisa mengubah image di dalam content web.

Untuk tipe C : Karena basic anda adalah mengerti coding, anda bisa start memulai membuat web dengan keahlian anda, bisa juga dengan cara memadukkan template yg ada dan di custom sesuai dengan kemauan CSS nya.

Untuk Tipe D : Tipe ini tidak memiliki bakat tapi krn suka dengan bisnis online, artinya waktu anda banyak online di internet, silahkan mencari koleksi premium themes dan jadi lah web designer tanpa harus melakukan coding.

————————————————

Step Awalnya gimana ?

1. Belilah Domain yg mencerminkan web profile anda sebagai designer misal : ABCDEFDesign.com, dsb

2. Carilah Paket Reseller Hosting yang nantinya anda pakai untuk menaruh website klien anda

3. Bangun website anda dan buatlah portofolio

4. Promosi

Tunggu apa lagi… start dari skrg, semua itu tak akan terwujud bila no action 🙂

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*