Jangan bangga dengan Unlimited Add On Domain

xixixi…. saya sempet tertawa dalam hati ketika memperhatikan paket hosting yang terpampang di internet , ntah itu di forum atau di iklan-iklan online dengan paketnya yang unlimited add on domain.

Ga ada yang salah sebenernya, cuma sebagai orang awam yang tidak tau apa-apa akan tersesat dengan embel2 unlimited add on domain ini . Yah boleh deh saya coba jelaskan mengapa anda tidak boleh bangga dengan unlimited add on domain ?

Apa itu unlimited add on domain itu ?

Unlimited add on domain bukan berarti kita dapat nama domain yg banyak dan gratis ya 🙂

Secara teknis hosting, dapat saya jelaskan kalo Unlimited add on domain adalah :

Anda cukup membeli 1 paket shared hosting saja anda bisa menggunakan untuk banyak domain sekaligus, alias anda tidak perlu beli paket hosting lagi untuk domain-domain anda selanjutnya. Jadi 1 paket hosting cpanel bisa anda isi, puluhan, ratusan dan ribuan domain . Kok ribuan bung ? ya kan unlimited bro jadi anda bisa letakkan semuanya di dalam 1 cpanel he he he

Namun hal ini memiliki permasalahan sendiri , yang kalo dipikir keliatan sepele karena blm kejadian , kalo sudah terjadi dampak buruknya, maka baru deh kita panik cari bantuan sana sini ga jelas.

So apa kurang bagusnya paket yg ada fitur unlimited add on domain ?

1. Dengan adanya unlimited add on domain, bila salah satu web menggunakan resources secara berlebih, dalam tingkat yang parah , provider hosting anda akan melakukan suspend account ( me-nonaktifkan account hosting sementara waktu). Ini lah problem baru di mulai, krn dengan adanya suspend account tersebut artinya seluruh web akan terkena suspend juga , nah lo hanya krn 1 web, semua web anda jadi korbannya 🙂

2. Ingat bahwa no 100% security di web anda, kadang orang ngurusin security 1 web aja , kita pusing 7 keliling . Apalagi dengan banyak domain di dalam 1 cpanel hosting . Pusingnya adalah ketika 1 web terkena hack, artinya semua web juga terkena hack.

Dari 2 hal tersebut tentunya anda sudah bisa mengerti apa yang saya maksud. 2 hal tersebut telah menjelaskan secara detail mengapa kita jangan banggan dengan unlimited add on domain.

Saran :

Lebih baik anda mengeluarkan duit lebih untuk memisahkan cpanel website yang satu dengan yang lainnya, namun web/blog/toko online anda lbh aman krn masing2 memiliki kendali sendiri2.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*