Bersedekah ala Jaap NS

Manusia hidup itu di dasari oleh iman, perbuatan dan kasih, kasih untuk berbagi dengan sesama yang sepaham maupun tidak sepaham. Saya kalo di jalanan keliatan pelit amit2, karena ada pengamen nggak pernah ngasi, ada pengemis nggak pernah ngasi lho….. ๐Ÿ™‚

Jadi pas di traffic light minta 500 rupiah pun saya nggak ngasi, sampai yg ngemis blg “om 500 saja ( di kirian udah tua di panggil om ) , meskipun 500 saya nggak ngasi, semakin keliatan kejam nian saya ๐Ÿ™‚

Dalam prinsip hidup saya dan saya tekankan ke anak2 saya, jangan pernah memberi sedekah pada pengemis di jalanan , mengapa ?

Justru dengan kita memberi di jalanan, mereka akan semakin malas bekerja, dan setiap hari mereka hanya cukup berada di pinggir jalan dengan mengandalkan tangan kanan untuk meminta2.

ada url yg bisa juga jadi referensi :

http://www.merdeka.com/tag/p/pengemis-kaya/

( semoga aja linknya tetap ada terus ya )

Saya bersedekah/memberi dengan cara yang berbeda :

Saya lebih suka melihat tetangga sekitar yang membutuhkan yang berkekurangan namun tetap bekerja. Ada kalanya saya beli beras 50KG, saya minta pecah2 jadi 5, kemudian kita kasi ke mereka.

Ada kalanya juga kadang di jalan, melihat orang tua renta msh bekerja meskipun kekurangan dia tetap bekerja tanpa lelah, justru saya akan memberi pada orang yang seperti ini.

Ada kalanya saya melihat tukang parkir langganan saya yg dengan baik hati mencuci mobil saya, padahal msh sekolah tak pernah meminta imbalan, dia hanya sebagai assisten tukang parkir yang saya bayar tiap bulannya. Saya berikan beberapa duit untuk ย beli peralatan sekolahnya.

Ada kalanya saya terima sms dari provider selular, untuk ketik format sms yang intinya dengan kita mengirimkan sms, pulsa kita terpotong untuk donasi ke korban musibah dsb.

Ada kalanya juga pada saat nonton TV di acara kesaksian rohani disana terlihat donasi dsb, saya lbh memilih untuk menyalurkan kesana.

Bila anda ada waktu, datanglah ke panti asuhan, panti jompo, yayasan sosial lainnya untuk sekedar berbagi kebahagian untuk orang lain , menjadi berkat juga buat orang lain.

Ketika saya di MCD, saya melihat ada kotak PMI , tidak ada salahnya anda menyalurkan dana anda yg tersisa walau sedikit untuk di sumbangkan.

So , kesimpulan dari semua ini sangat lah berdosa bila kita memberi sedekah pada pengemis jalanan , karena kita sama saja menjerumuskan dia untuk menjadi malas bekerja.

Mulai sekarang bijaklah dalam memberi sedekah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*